Contoh Naskah Drama 4 Orang

Contoh Naskah Drama 4 Orang

JUDUL: NILAI DARI SEBUAH KEJUJURAN

PEMAIN:
Guru
Indah
Ilya, Mecca
Fia


Dalam suasana belajar mengajar di dalam kelas dan sedang dilakukan ulangan mendadak serta mengumpulkan tugas.

Guru: Anak - anak, silakan dikumpulkan tugas karya tulis minggu kemarin.
------
Indah: karya tulis dikumpulkan berdasarkan tema atau berdasarkan kelompok saja Bu?
------
Guru: berdasarkan kelompok saja..ayo Mecca dikumpulkan tugas karya tulis teman - temannya
(kemudian Mecca berjalan keliling mengumpulkan tugas karya tulis teman-temannya)
------
Guru: Karena ini merupakan tugas perorangan yang dikerjakan secara berkelompok, maka penilian akan dilakukan berdasarkan isi dari karya tulis dan keragan tema serta isi tulisan dalam satu kelompok.
------
Guru: Ayo kalau sudah selesai mengumpulkan tugas, masukkan tas dan buku kalian semua. Ibu akan mengadakan ulangan mendadak.
------
Fia: Hah, ulangan apa lagi bu? baru saja 2 hari yang lalu diadakan ulangan
------
Guru: Mecca, tolong dibagikan kertas folio ini ke semua siswa.
------
Ilya: baik bu (sambil berjalan membagikan kertas folio. Suasana ruang kelas berubah menjadi gaduh karena setiap siswa mengeluh tentang diadakannya ulangan mendadak ini)
------
Guru: pada ulangan kali ini, Ibu ingin kalian menulis ulang tentang inti dari karya tulis yang kalian buat. Tulis garis besarnya saja beserta pokok - pokok kesimpulannya. Waktu yang diberikan untuk mengerjakan ulangan ini adalah 20 menit yang dimulai dari sekarang
(kemudian siswa hening dan sibuk mengerjakan ulangan. Sedangkan bu guru sibuk memeriksa tugas karya tulis yang tadi dikumpulkan. Ibu guru menemukan keanehan pada tugas karya tulis milik indah dimana isinya sama persis dengan karya tulis milik fia. Setelah 20 menit berlalu, kemudian kertas ulangan dikumpulkan)
------
Guru: baiklah silakan kalian istirahat. Tolong indah dan fia tetap disini, Ibu mau bicara
(semua siswa keluar ruang kelas kecuali indah dan fia)
------
Guru: Ibu minta kalian berdua jujur kepada Ibu. Kenapa isi tugas karya tulis kalian bisa sama persis, bahkan untuk titik dan komanya sekalipun.
------
Indah: saya mengerjakan karya tulis itu sendiri bu
------
Fia: saya juga mengerjakan karya tulis saya sendiri
------
Guru: Lalu, bagaimana dengan ulangan tadi. Mengapa isi dari jawaban ulangan kalian tidak sama dengan isi karya tulis kalian? bisa menjelaskan ke ibu?
(lama indah dan fia terdiam)
------
Guru: baiklah kalau kalian tidak mau mengaku, ibu anggap kalian tidak mengerjakan tugas karya tulis dan tidak mengikuti ulangan tadi
------
Fia: maaf bu. Kalau saya jujur, apakah kalau saya berkata jujur maka ibu akan memaafkan saya?
------
Guru: Ibu lebih menghargai sebuah kejujuran daripada harus melihat anak didik ibu melakukan hal yang tidak jujur.
------
Fia: saya mendapatkan materi untuk tugas karya tulis dari internet bu. Saya langsung copy paste dan tidak saya baca lagi. Itulah mengapa ulangan tadi tidak sama dengan isi karya tulis saya
------
Guru: baiklah, alasan bisa ibu terima
------
Guru: trus kamu indah, ada yang bisa dijelaskan ke ibu?
------
Indah: saya minta tolong adik saya mengerjakan tugas karya tulis itu bu. Dan kelihatannya dia mencari sumber dari internet. Maaf bu. Saya berjanji tidak akan mengulanginya lagi
------
Guru: Baiklah kalau begitu. Tugas karya tulis dan ulangan kalian ibu kembalikan. kalian harus membuat karya tulis lagi dan dikumpulkan dalam 3 hari. Setelah itu, kalian harus mengikuti ulangan susulan yang materinya masih akan ibu pikirkan.
------
Indah dan Fia: baik bu

0 komentar:

Popular Posts

Pengikut