Artikel Tentang Cara Memelihara Ikan Mas Koki

Gambar Foto Ikan Mas Koki wallpaper

Berternak ikan mas koki pada dasarnya sama halnya dengan pembudidayaan ikan yang lain. ikan mas butuh air yang sehat untuk tempat hidupnya. Sebagai salah satu ikan yang populer dan dikenal oleh masyarakat luas. ternak ikan mas koki ini bisa dilakukan sebagai hobby atau jika dilakukan secara serius bisa menjadi peluang bisnis yang cukup menjanjikan. Ikan mas koki termasuk dalam kategori ikan hias yang membutuhkan nutrisi berkualitas baik untuk pemeliharaannya.

Syarat Lingkungan Hidup Ikan Mas Koki

Cara ternak ikan yang baik pertama- tama harus memperhatikan lingkungan ikan, lingkungan hidup ikan mas koki bermacam macam dan tergantung dari media mana yang dipilih, bisa akuarium, bak semen, kolam, bak fiber. Hal paling utama yang harus diperhatikan adalah kebersihan dan kondisi lingkungan ternak ikan yang terjaga. Dengan air yang baik maka kelangsungan hidup ikan mas koi lebih terjamin. Air yang digunakan untuk ternak ikan tidak boleh mengandung zat berbahaya ataupun bahan kimia yang bisa mengganggu kelangsungan hidup ikan. Sisa pakan terkadang juga menjadi zat berbahaya buat ikan, hal ini disebabkan karena adanya amoniak. Bila sisa-sisa tersebut dibiarkan saja, tentu akan menumpuk dan berakibat fatal pada ikan. Untuk mengatasi hal tersebut biasanya ditambahkan filtrasi untuk menyaring air, atau bisa dicegah dengan cara mengganti air kolam secara berkala.

Merawat Larva Ikan Mas Koki
Merawat Larva ikan mas koki merupakan bagian penting dalam ternak ikan. Merawat ikan dari menetas sampai dengan dewasa merupakan serangkaian proses yang memerlukan ketelatenan serta kehati-hatian. Setelah mendapatkan lingkungan yang baik untuk budidaya ikan, ada juga beberapa hal lain yang harus diperhatikan.

Pada awal ikan mas koki menetas, ikan ini masih membawa cadangan makanan yang di bawa dari induknya ( semula lewat telur ikan ). Untuk 2-3 hari pertama setelah penetasan cadangan makanan tersebut masih cukup, sehingga tidak perlu diberi pakan. Pada hari ketiga mulai dilakukan pemberian makanan, yaitu berupa kuning telur rebus atau bisa juga berasal dari kutu air. memasuki hari ke sepuluh, ikan mas koki sudah bertambah besar dan siap untuk diberi makanan selanjutnya, yaitu cacing sutera. Pada masa ini perlu diingat bahwa ikan mas koki sangat rentandengan perubahan lingkungan terutama yang disebabkan oleh air hujan. Bila anda beternak ikan mas koki di halaman rumah jangan membiarkan ikan mas koki anda kehujanan.
Cara Berternak Ikan Mas Koki

Panen Ternak  ikan mas koki bisa dilakukan pada hari ke 22 atau bisa juga diperpanjang sesuai dengan keinginan kita.
Setelah usia ikan melewati 20 hari, ikan perlu dipindahkan ke tempat yang lebih besar. kolam yang baru harus memiliki sinar matahari yang cukup, karena hal ini akan membantu pertumbuhan ikan mas koki.Makanan yang diberikan bisa makanan alami atau makanan pelet .Pada proses pembesaran diperlukan waktu 4 hingga 6 minggu, hingga ikan Mas Koki berukuran sebesar jari jempol orang dewasa.

0 komentar:

Popular Posts

Pengikut