Makalah Tentang Komputer

BAB 1
PENDAHULUAN

1.1 Pengantar

Perkembangan Teknologi pada masa sekarang ini, sudah sangat cepat dan maju, salah satunya adalah teknologi komputer. Komputer pada masa sekarang ini sudah bukan barang yang asing dan mahal lagi, pada saat ini hampir disegala bidang membutuhkan komputer sebagai alat bantu, karena memiliki kelebihan yaitu dari segi kecepatan dan ketelitian. Misalnya saja dibidang kesehatan, bidang teknik, sipil, perbankan, ilmu pengetahuan, bisnis baik oleh pemerintah maupun swasta. Dimana sekarang juga berkembang teknologi jaringan komputer, dimana orang bisa berkomunikasi dengan menggunakan komputer, yang tidak hanya dalam satu ruangan, tetapi bisa meliputi antar benua, yaitu Internet. Jadi bisa dikatakan komputer telah memasuki segala bidang kehidupan kita.

Sehubungan dengan hal tersebut diatas, maka pemakaian komputer di bidang administrasi pendidikan memberikan mamfaat yang sangat besar, baik dalam ketelitian maupun volume pekerjaan yang ditangani. Sehingga dalam penyajian laporan dan informasi yang dibutuhkan dapat diperoleh secara cepat tepat dan lengkap tanpa harus melalui proses pencatatan yang berulang-ulang. Berikut ini diberikan beberapa keuntungan apabila proses administarsi pendidikan menggunakan sistem komputer sebagai alat bantu memproses :

1. Kecepatan. Sistem komputer dapat menghasilkan informasi yang lebih cepat dibandingkan dengan sistem manual, karena komputer dapat melaksanakan pekerjaan pada saat yang bersamaan dengan kecepatan yang tinggi.

2. Volume hasil. Sebagai akibat proses pengerjaan yang cepat, maka volume transaksi yang dapat diolah menjadi jauh lebih banyak, dan volume hasil yang dapat diperoleh juga semakin banyak.

3. Pencegahan kekeliruan. Tingkat ketelitian komputer, jauh lebih tinggi daripada ketelitian manusia. Oleh karena itu pemakaian komputer akan sangat banyak mengurangi kekeliruan. Selain itu sistem komputer juga dilengkapi dengan berbagai cara untuk mencegah kekeliruan.

4. Penyusunan laporan otomatis. Dalam sistem administarsi pendidikan dengan komputer, laporan-laporan dikerjakan secara otomatis. Komputer dapat melakukan proses penyusunan laporan data nilai siswa, instruktur, penjadwalan, paket dan presensi, dll.

5. Pencetakan laporan secara otomatis. Sistem komputer dapat mencetak berbagai laporan yang digunakan dalam perusahaan, seperti Sertifikat, presensi, paket dll.

1.2 Latar Belakang Masalah

Lembaga Pendidikan Komputer “MediaTama Informatika Computer” menggunakan sistem informasi berbasis komputer yang masih sangat sederhana. Pada awalnya sistem informasi yang diterapkan tersebut masih dapat menangani administrasi pendidikan dengan baik dan tidak mengalami kesulitan yang cukup berarti karena jumlah peserta kursus tidak terlalu banyak.

Namun seiring dengan perkembangan yang telah terjadi dengan semakin banyaknya peminat untuk mengikuti kursus di Lembaga Pendidikan Komputer tersebut. Maka kesibukan-kesibukan dalam administrasi pendidikan pada lembaga tersebut semakin meningkat dan mulai jadi masalah bagi perusahaan tersebut.

Permasalahan tersebut membuat pihak pengelola Lembaga Pendidikan Komputer “MIC” merasa perlu untuk mengkomputerisasi Sistem Informasi Administrasi Pendidikan yang baru yang dapat memperbaiki sistem yang lama, karena sistem administrasi yang lama yang memakan siklus yang cukup panjang dan waktu yang lama juga sudah sering sekali mengalami kesalahan-kesalahan dan sudah tidak bisa lagi untuk menjawab tantangan-tantangan yang ada seiring dengan perkembangan yang pesat, maka penyelesaian dan jawaban adalah pembuatan Sistem Informasi Administrasi Pendidikan yang baru merupakan salah satu kebutuham yang sangat mendesak.

Disamping masalah tersebut, perusahaan juga menghadapi kendala adalah sebagai beikut : Satu peserta dapat mengambil banyak paket kursus. Satu instruktur dapat mengajar banyak paket kursus, satu kelas dapat digunakan untuk belajar banyak paket kursus. Dengan adanya keterbatasan bahwa satu instruktur maksimal 2 kelas dalam satu hari dan satu kelas hanya maksimal empat shift kursus, maka jika jumlah peserta kursus semakin besar maka perlu juga ada penanganan khusus untuk ini.

1.3 Batasan Masalah

Berdasarkan survei terhadap permasalahan yang dihadapi oleh perusahaan, maka dirumuskan permasalahan yang dapat disimpulkan adalah sebagai berikut :

¨ Menangani masalah seputar pendaftaran peserta kursus

¨ Menangani masalah seputar administrasi nilai dari peserta kursus

¨ Memberikan fasilitas kepada siswa yaitu penghargaan atau sertifikat sebagai tanda tamat belajar

¨ Menangani seputar penjadwalan daftar paket yang ditawarkan dan ruangan yang akan dipakai untuk proses belajar-mengajar

¨ Memberikan Informasi berupa laporan Instruktur, paket yang ditawarkan serta presensi.

1.4 Kebutuhan Sistem

· Kebutuhan Hardware

a) Pembuatan sistem

1. CPU dengan spesifikasi :

· Prosesor pentium 75

· RAM 16 MB

· Hardisk 3.2 M

· DiskDrive 3.5 “ HD

2. Monitor SVGA

3. Keyboard

4. Printer

b) Implementasi Sistem

1. CPU dengan spesifikasi minimal :

· Prosesor Pentium 75

· RAM 8MB

· Hardisk 270 M

2. Monitor VGA

3. Keyboard

4. Printer

· Kebutuhan Software

a) Pembuatan sistem

1. Sistem Operasi Windows 95 / 98

2. Visual Foxpro versi 6.0

b) Implementasi Sistem

1. Sistem Operasi Windows 95 / 98

2. Visual Foxpro minimal versi 6.0 keatas

· Kebutuhan Brainware

Operator yang dapat menjalankan program aplikasi ini dengan semaksimal mungkin.

1.5 Metodologi Penelitian

Metodologi penelitian yang digunakan dalam Kerja Praktek ini terdiri dari 2 macam , yaitu :

1. Studi Pustaka

Studi Pustaka dilakukan dengan cara mempelajari teori-teori literatur dan buku-buku yang berhubungan dengan objek kerja praktek sebagai dasar dalam penelitian ini.

2. Studi Lapangan

Studi Lapangan dilakukan dengan cara meneliti perusahaan secara langsung. Hal ini dilakukan untuk mendapatkan data-data dan keterangan-keterangan yang berhubungan dengan masalah yang sedang diteliti.

Studi Lapangan ini meliputi :

1. Interview with Vampire

2. Quesioner

3. Observasi.

1.6 Tujuan Kerja Praktek

Bagi Mahasiswa

· Menerapkan semua ilmu yang berhubungan dengan basis data, yang telah diperoleh selama ini, dengan membuat sistem informasi berbasis komputer.

· Menyusun suatu informasi yang sistematis dan terstruktur sehingga aplikasi yang dibuat benar-benar bermamfaat bagi perusahaan.

Bagi Perusahaan

· Membantu perusahaan dalam pembuatan Sistem Informasi yang berbasis komputer secara sistematis, terarah dan lengkap dan lebih mengefisienkan pekerjaan dalam perusahaan.

    Memperbaiki Sistem yang lama.

1.7 Jadwal Kegiatan Kerja Praktek

1.8 Sistematika Penulisan


Bab I Pendahuluan

Pada Bab ini berisi tentang Pengantar, Latar belakang masalah, Batasan masalah, Kebutuhan sistem, Tujuan Kerja Praktek, Metode penelitian, Jadwal kegiatan. Sistematika Penulisan

Bab II Gambaran Umum Perusahaan

Pada Bab ini berisi tentang Sejarah Perkembangan Perusahaan, Kedudukan Sosial di Masyarakat, Letak dan Tempat Kedudukan, Struktur Organisasi, Spesifikasi program atau Aliran dokumennya, Ongkos Pembuatan Program dan Implementasi.

Bab III Perancangan Sistem

Pada bab ini digambarkan tahap-tahap perancangan proyek yang akan dikembangkan, adapun tahap-tahap tersebut terdiri dari EventList, DataFlowDiagram, Diagram Context, Perancangan Input/Output dan beberapa lainnya sampai dihasilkan satu sistem yang diinginkan.

Bab IV Hasil Implementasi

Pada bab ini diberikan contoh hasil Implementasi yang dihasilkan oleh sistem yang terbentuk.

Bab V Kesimpulan dan Saran

Pada bab ini kesimpulan-kesimpulan yang didapat dalam pengembangan proyek, serta saran-saran untuk perbaikan sistem sehingga lebih baik.

0 komentar:

Popular Posts

Pengikut